Pilkada di NTT 2020, Anggaran Bawaslu Ditetapkan

Hits: 5

Kupang,Cyberjatim.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) di sembilan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menetapkan atau menyetujui anggaran Pilkada 2020 untuk Bawaslu masing-masing daerah.

Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu NTT, Jemris Fointuna, Minggu (3/11/2019) siang.

Menurut Jemris, Bawaslu di sembilan kabupaten juga harus melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan pemerintah setempat.

Sembilan daerah yang akan melaksanakan Pilkada tahun 2020 di NTT adalah, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Sumba Barat.

“Kita juga harus tanda tangan NPHD, karena merujuk pada Permendagri Nomor 54 tahun 2019 tentang pendanaan pemilihan gubernur, bupati dan walikota yang bersumber dari APBD,” ungkap Jemris.

Dijelaskan, dari sembilan kabupaten itu, Kabupaten Manggarai merupakan daerah terakhir yang akan melakukan penandatanganan NPHD pada Senin (4/11/2019).

Dana untuk Bawaslu, Jemris mengatakan, anggaran untuk Bawaslu itu, terutama digunakan pada kegiatan penguatan kapasitas bagi perangkat bawaslu di tingkat kabupaten, kecamatan hingga TPS.

“Bawaslu Kabupaten ini gajinya semua dari APBN, sedangkan panitia ad hoc harus dari APBD. Dan itu untuk gaji panitia ad hoc, biaya operasional, bimtek dan lain sebagainya, termasuk sewa ruang atau bangunan bagi panwas di kecamatan dan kelurahan /desa,” tambahnya. 

 

Yoseph A Kelen / FMB
Sumber : Beritasatu.com/*

cyberjatim

Jembatan Pena Rakyat