Menelusuri Jejak Pahlawan, Pamekasan Gelar Palapa

Hits: 242

PAMEKASAN, Cyberjatim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) mengadakan lomba gerak Jalan Pamekasan Larangan Pamekasan (Palapa), Jumat (08/11) malam. dan Sekdakab Pamekasan, Totok Hartono melepas 700 peserta lomba gerak jalan palapa untuk memeriahkan hari jadi kabupaten pamekasan ke 489 Dan Hari Pahlawan 2019.

Gerak jalan palapa kali ini di ikuti 50 regu putra 6 regu putri, 105 perorangan putra dan 35 orang perorangan putri, sehingga total sebanyak 56 regu. Puluhan regu tersebut akan menempuh jarak 20,6 Km, dengan rute start dan finish di monumen arek lancor.

Dalam sambutannya, Totok Hartono mengatakan, Lomba gerak jalan palapa adalah untuk mengenang masa peluncuran satelit palapa. Selain itu, gerak jalan tersebut untuk menelusuri jejak para pejuang.

“Mereka yang telah berjasa besar dalam memperjuangkan kemerdekaan negara kita dan tentunya juga menyehatkan,” tuturnya.

Menurut Totok, Gerak Jalan Palapa sudah dimulai sejak tahun 2013 lalu setelah 30 tahun lamanya tidak terlaksana. Gerak Jalan tersebut juga sebagai ungkapan rasa syukur atas penghargaan Kabupaten Layak Pemuda yang diterima oleh Pemkab Pamekasan dari Kemenpora RI, beberapa waktu lalu.

“Selain untuk olahraga, tentunya ini sebagai wadah silaturrahim,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) pamekasan Muhammad, mengatakan, Gerak jalan palapa adalah bagian dari rutinitas tahunan pemkab pamekasan dalam memeriahkan hari jadi pamekasan. Selain itu Ia juga memaparkan bahwa lomba tersebut sebagai bentuk silaturrahim antar komunitas dan warga pamekasan.

“Kami juga sediakan mobil ambulan untuk mengiringi para peserta lomba,” tutupnya.

Untuk diketahui, rute lomba gerak jalan palapa meliputi Area Monumen Arek Lancor, Jalan Jokotole, Jalan Raya Konang, Galis, Larangan, lalu kembali menuju Kota Pamekasan melalui Jalan Raya Sumenep, ke jalan Bonorogo, jalan stadion, lalu jalan kesehatan dan tiba di garis finis kembali di area Monumen Arek Lancor.

Sumber : Suaraindonesianews.com

cyberjatim

Jembatan Pena Rakyat