Kecanduan Game Online, Pasien Anak Meningkat

Hits: 51

Bogor, Cyberjatim.com – Rumah sakit jiwa RSMM (Rumah Sakit Marzuki Mahdi) Kota Bogor menangani puluhan pasien anak dan remaja yang mengalami gangguan kejiwaan akibat ketergantungan gadget atau kecanduan game.

Dokter spesialis kejiwaan anak dan remaja RSMM, Ira Safitri Tanjung mengatakan, jumlah pasien anak dan remaja kecanduan game terus meningkat.

“Kalau selama 2019 itu kita tangani 10-15 pasien (akibat kecanduan gadget). Ada 3 orang yang sempat jalani rawat inap,” kata Ira Safitri di RSMM, Jalan Semeru, Bogor Barat, Kota Bogor, Kamis (17/10/2019).

Hasil pemeriksaan tim medis menyatakan, masalah kejiwaan yang dialami anak-anak ini disebakan penggunaan gadget yang berlebihan. Rata-rata pasien kecanduan mulai dari game online, browsing internet dan sejumlah aplikasi lainnya.

“Pasien ini suka main gadget sehingga tak kenal waktu, umur mereka bervariasi yang paling muda 11 tahun dan paling tua jelang 17 tahun,” ujar Ira.

Ira mengatakan, pada tingkat kecanduan sangat parah orangtua kewalahan menghadapi mereka di rumah sehingga dibawa ke rumah sakit.

“Yang 17 tahun ini bahkan berbulan-bulan tidak mau beranjak dari tempat tidur, hanya di kamar aja dan main aja, semuanya dilayani di tempat tidur. Orangtuanya gak sanggup lagi akhirnya dirawat di sini,” terang Ira.

Namun, kata Ira, kunci kesembuhan pasien tersebut adalah menjauhkan mereka dari gadget.

“Di sini selama 23 hari tidak pegang gadget ternyata dia bisa dialihkan. Sekarang dia senang menulis dan membuat literasi,” kata Ira.

Aichi Halik / AHL
Sumber: (BeritaSatu TV/*)

Ilustrasi Anak Bermain Gadget ( Foto: Beritasatu.com )

cyberjatim

Jembatan Pena Rakyat