Dugaan Pelecehan (9) Siswi SDN Pamekasan, LBH PUSARA : Itu Delik Biasa !

  • Whatsapp

PAMEKASAN,CYBERJATIM.com,- Proses hukum terkait dugaan pencabulan terhadap beberapa siswi disalah satu SDN di kota Gerbang Salam Pamekasan, sampai saat ini belum dinyatakan selesai, setelah Lembaga Bantuan Hukum Pusat Advokasi Masyarakat Nusantara (LBH PUSARA) menyampaikan surat permohonan penegakan hukum ke polres Pamekasan,Madura. Kamis (22/11/2018)

Munculnya kontroversi dibawah yang tercuak dibeberapa media, diantaranya ada yang mengatakan berita tersebut hoax,namun setelah dikaji dari beberapa komentar dari pihak sekolah dan pihak korban, mengetuk hati pendiri LBH PUSARA untuk terus menyelidiki kasus dugaan pelecehan tersebut, yang menurutnya adalah delik umum bukan delik aduan, yang mana seharusnya pihak kepolisian menyelidiki kasus tersebut tanpa menunggu hasil laporan dari orang tua siswi.

Bacaan Lainnya

 

Pembina LBH PUSARA usai memyampaikan surat di Unit PPA Polres Pamekasan.

 

Isi surat yang tercantum dengan nomor aduan 004/Lap.LBH. Pusara-Polres Pmk/XI/2018, dengan perihal Permohonan penegakan hukum terhadap terduga pelaku cabul atas anak dibawah umur, didalamnya tercatat bahwa kasus tersebut bukan delik aduan sesuai dengan UU No. 23 tahun 2002,tentang perlindungan anak, sebagaimana telah diubah UU No. 35 tahun 2014 jo PP No 1 Tahun 2016.

Marsuto Alfianto selaku pembina sekaligus pendiri LBH PUSARA yang berkantor di Gedung Islamic Centre lt. 1 No. 5-6 Pamekasan, mengaskan agar kasus tersebut segera dilakukan penyidikan dan penyelidikam atau penegakan hukum.

“Penegakan hukum disini dalam arti mencari bukti-bukti materi, terkait dengan apa yang dibiaskan dibawah juga, makan saya minta kepada pihak kepolisian untuk melakukan lidik sidik, ketika ditemukan unsur materinya maka pihak kepolisian harus mengusut tuntas”. Tegasnya

Pihaknya menambahkan bahwa bagi yang mengerti hukum untuk tidak membuat stetmen-stetmen yang mengatakan, cabul terhadap anak dibawah umur itu delik aduan.

“kami harap kepada semua pihak diberi pelajaran hukum, diberi pemahaman hukum bahwa semua yang terjadi terhadap pelecehan sexual, itu bukan delik aduan itu delik umum” Tambah pengacara kondang tersebut.

Lepas dari itu pihak polres pemekasan melalui Kasubbaghumas Polres Pamekasan Iptu Nining Diah PS, menyampaikan bahwa karena sudah ada surat masuk dari LBH PUSARA maka pihak kepolisian akan segera menindaklanjuti kasus tersebut.

” Pihak kepolisian akan segera menindaklanjuti dan menyelidiki”. Singkatnya

Sementara pihak Unit PPA saat LBH PUSARA menyampaikan surat, akan menyampaikan secara langsung hasil permohonan surat yang diajukan oleh LBH PUSARA, dan nanti seterusnya akan melakukam pemyelidikan dan penyidikan sesuai dengan intruksi pimpinan.

Publiser : Luthfiadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *