Dispora Pamekasan, Gelar Gerak Jalan Tradisional Palapa

Hits: 74

Cyberjatim.com, Pamekasan,- Gerak jalan Palapa merupakan rangkaian dari Hari Jadi Kabupaten Pamekasan yang ke 488 Tahun,Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar lomba “Gerak jalan radisional PALAPA,pada Jum’at. (23/11) malam”.

Dalam acara tersebut nampak hadir Wakil Bupati Pamekasan,Forpimda,Pj Sekda, Pimpinan OPD,dan para Camat serta tamu undangan lainnya.

Sebelum para Peserta Gerak Jalan PALAPA dilepas,Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan rutin grak jalan tradisional PALAPA merupakan suatu kegiatan rutin tahunan untuk mengenang para jasa Pahlawan.

Dalam acara Gerak Jalan Tradisional PALAPS diikuti oleh peserta perorangan maupun beregh baik itu dari kalanga. Instansi Pemerintah,lembaga pendidikan maupun masyarakat umum yang akan dilepas langsung oleh Bupati Pamekasan.

Peserta lomba Gerak jalan PALAPA diikuti peserta sebanyak 210 peserta yang melibatkan 696 orang yang terdiri dari para peserta beregu putra sebanyak 52 regu dan untuk regu putri sebanyak 2 regu. Sedangkan untu jumlah peserta perorangan putra sebanyak 130 orang dan untuk peserta perorangab putri sebanyak 26 orang.

Untuk rute start gerak jalan PALAPA dimulai dari monumen Arek Lancor menuju Jokotole lalu Asem Manis ,Mortajih , Dasok, Konang, Galis dan Lapangan Bulay untuk Pos satu. Kemudian dilanjut dengan rute Ponteh,Jalan Raya Larangan, Pegandingan, Tentenan, Trasak, Buddagan, Bonorogo Stadion, Kesehatan, Agus Salim dan kembali di finis area Monumen Arek Lancor.

Jarak tempuh pada lomba gerak jalan PALAPA sejauh 20 6 km dengan perhitungan waktu 5 km / jam untuk peserta putra dengan waktu kurang lebih 4,7 jam sedangkan untuk peserta putri 4 km / jam dengan waktu kurang lebih 5,9 jam.

Kegiatan gerak jalan tradisional PALAPA ini tidak ada unsur melanggar ajaran agama manapun,ujar orang nomor satu di Kabupaten Pamekasan.

“Dengan kegiatan gerak jalan tradisional PALAPA ini mudah muahan menjadi olah raga kreatif untuk kita semua dan lapisan masyarakat Pamekasan dan akan semakin sehat. Dan semoga Pamekasan kedepannya yang bercita cita masyarakat yang berkeadilan, makmur dan pertumbuhan ekonominya dari bawah merata sesuai dengan ajaran agama,”tutupnya.

Gerak jalan PALAPA dilepas oleh Bupati Pamekasan seputar pukul 19.30 WIB.Dan dari masing masing peserta gerak jalan PALAPA menampilkan berbagai koitum unik,ada yang memakai koustum khas Madura, ada yang memakai kostum lampu hias sehingga terlihat indah saat berjalan. Seputar pukul 23.30 WIB peserta gerak jalan PALAPA pertama tiba di area Monumen Arek Lancor.

“Tujuan lomba gerak jalan tradisional PALAPA ini untuk memasyarakatkan olah raga agar sehat dan produktic serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam bidang olah raga, menjalin silahturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat dan meningkatkan persatuan kesatuan pemerintah dengan masyarakat Kabupaten Pamekasan,” Pungkas Muhammad Kadispora Pamekasan.

Reporter : Mer

Publiser : Redaksi

cyberjatim

Jembatan Pena Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *