Dampak Corona, Jokowi : Cicilan Kendaraan Ditunda Selama 1 Tahun

  • Whatsapp

Dok. katadata

JAKARTA – Jokowi mengaku kerap mendapat keluhan dari tukang ojek hingga pengemudi taksi yang memiliki kredit motor dan mobil.

Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memberikan kelonggaran terhadap Tukang Ojek, Sopir Taksi, UMKM Serta Nelayan dalam pembayaran cicilan kredit kendaraan.

Jokowi sampaikan saat rapat dengan para Gubernur melalui konferensi video dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa 24/3/2020.

Dia menjanjikan memberi kelonggaran untuk tukang ojek, sopir taksi, serta perahu dalam pembayaran cicilan kredit kendaraan.

“Tukang ojek dan sopir taksi yang memiliki kredit motor atau mobil, atau kapal yang memiliki kredit, saya sampaikan ke mereka tidak perlu masalah karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama 1 tahun,” katanya

Sementara pemerintah juga memberikan kelonggaran bagi pengusaha kecil menengah.

Pengusaha yang memberikan kredit dengan nilai di bawah Rp10 miliar akan berhak atas cicilan selama 1 tahun dan juga penurunan bunga.

Ia mengaku sudah membicarakan rencana ini dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar dapat diwujudkan.

“OJK akan memberikan kelonggaran, relaksasi kredit untuk usaha mikro, usaha kecil untuk nilai kredit di bawah Rp 10 miliar. Baik kredit yang diberikan oleh perbankan atau industri keuangan bukan bank, ”kata Jokowi.

Agar semua masyarakat yang masih menunggu dengan kredit bisa tenang, Jokowi meminta agar kepala daerah mensosialisasikan taksi tersebut.

“Saya kira ini perlu juga disampaikan kepada mereka untuk tidak perlu khawatir, karena pembayaran bunga dan angsuran diberikan kelonggaran atau relaksasi selama 1 tahun,” tandas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

( Pantau24jam.com/*)

Pos terkait