Daftar 10 Pimpinan MPR 2019-2024

Hits: 17

Jakarta, Cyberjatim.com – Fraksi dan Kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI telah mengajukan nama-nama yang menjadi pimpinan MPR periode 2019-2024. Perwakilan sembilan fraksi ditambah 1 kelompok DPD akan menjadi pimpinan MPR.

Nama-nama 9 pimpinan MPR RI itu adalah Ahmad Basarah (Fraksi PDI Perjuangan), Bambang Soesatyo (Fraksi Partai Golkar), Ahmad Muzani (Fraksi Partai Gerindra), Lestari Moerdijat (Fraksi Partai Nasdem). Sekanjutnya Jazilul Fawaid (Fraksi PKB), Syarif Hasan, (Fraksi Partai Demokrat), Hidayat Nur Wahid, MA (Fraksi PKS), Zulkifli Hasan (Fraksi PAN) dan Arsul Sani (Fraksi PPP). Sementara dari kelompok DPD Fadel Muhammad.

Dari 10 nama pimpinan MPR akan dipilih satu Ketua. Dua kandidat terkuat Ketua MPR 2019-2024 adalah Bambang Soesatyo dan Ahmad Muzani. Bila tak ada mufakat, mereka akan bertarung melalui voting nanti malam.

10 nama pimpinan MPR itu telah disampaikan dalam rapat gabungan pimpinan sementara MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD di Ruang KK V, Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Rapat dipimpin Ketua MPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe didampingi Hillary Brigitta Lasut

“Di rapat gabungan ini kami membahas mekanisme pemilihan ketua MPR dilakukan secara musyawarah mufakat. Fraksi-fraksi dan kelompok DPD masing-masing sudah menyampaikan calon Pimpinan MPR. Nanti hasil dari nama-nama Pimpinan MPR itu dimusyawarahkan untuk memilih siapa yang menjadi ketua,” kata Abdul Wahab Dalimunthe usai rapat gabungan.

Abdul Wahab mengatakan, suasana rapat gabungan berjalan dengan baik dan lancar. Ia menekankan pentingnya pemilihan ketua MPR dilakukan dengan musyawarah mufakat.

“Kalau tidak terjadi musyawarah mufakat maka diadakan pemilihan dengan voting,” katanya.

Agenda rapat pemilihan dan pelantikan ketua MPR digelar malam ini pukul 19.00 WIB.

 

Hotman Siregar / YUD
Sumber: (Suara Pembaruan/bs/*)
Foto : Antara/bs

cyberjatim

Jembatan Pena Rakyat