Bukan Sebuah Hinaan, ” Syungguh ” dan “Sompa” Mendadak Viral

Hits: 171

Cyberjatim.com,- Beberapa hari ini, warganet dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang memperlihatkan seorang wanita yang sedang asyik telponan di sebuah warung makan.

Entah bagaimana, video tersebut langsung menarik perhatian netizen lantaran gaya bahasanya yang ‘kurang jelas’ itu mengundang gelak tawa bagi yang menontonnya. Hingga, dalam beberapa hari saja video itu sudah ratusan ribu kali ditonton, ribuan kali dilikes dan dibagikan (Termasuk saya, karena saya pengguna sosial media).

Bukan warga +62 namanya jika tidak kreatif tingkat nasional. Video berdurasi lebih kurang dua menitan itu langsung dikompilasi dan dicover oleh berbagai pihak.

Marpuah, begitulah wanita nama itu disebut. Banyak juga yang mempertanyakan keaslian apakah Si Marpuah benar-benar ‘sedang’ melakukan komunikasi dua arah melalui gawai yang dipegangnya. Atau, hanya sekedar halusinasi. Sebab, melihat dari bahasa yang digunakan Marpuah sulit dipahami apa maksud dan tujuanya bagi orang-orang pada umunya.

‘Syungguh?’, ‘Sompa?’ resmi menjadi gelar dan predikat yang disandangkan kepada Marpuah. Pasalnya, di salah satu video yang mendadak viral itu, Marpuah menyebutkan kata-kata itu ketika sedang berteleponan. Kata legend itu langsung melesat di senatero pengguna sosial media khususnya Madura. Menjadi bahan ledekan dan candaan ketika sedang berkumpul bersama teman. Bahkan, akhir-akhir ini, jargon tersebut sudah nangkring di aplikasi WA pada fitur sticker. Wah, segitu viralnya, kah?

Dalam video itu juga, Marpuah mengenakan setelan daster sederhana berwarna orange dan penutup kepala berwarna navy. Duduk di bangku panjang dengan beberapa lembar keripik singkong lengkap dengan sambel di atas meja panjang. Menggugah selera tapi Marpuah tidak memakannya disebabkan sedang sibuk berbiacara dengan ‘tunangannya’.

Baru-baru ini juga, muncul seorang wanita cantik dengan pakaian ala Princess, tak ketinggalan juga make up yang meriasinya. Dalam video berdurasi tiga belas menit itu, warganet dibikin gempar, terheran-heran bukan kepalang. Bagaimana tidak, perempuan cantik itu adalah Si Marpuah. Hal itu diketahui dari gaya bahasanya yang seakan menjadi hak paten baginya.

Tak menunggu waktu lama, pengguna jagat maya kembali menyerbu video itu, dan Si Marpuah lagi-lagi viral. Menjadi trending topik pengguna aplikasi buatan Om Mark Zuckerberg. Kesempatan emas bagi pemilik butik itu, karena dengan cepat menggaet Marpuah sebagai Brand ambassadornya. Karena dapat menyebarluaskan betapa berhasilnya si MUA itu me-remake penampilan Marpuah yang terlihat biasa menjadi sangat luar biasa.

Terlihat dalam video itu, Marpuah juga menyebutkan nama label MUA sebagai bukti bahwa dia telah men-gendorsse produk pemilik butik.

Pribadi seperti Marpuah saja yang notabenenya tidak sesempurna kita, berhasil membuat orang-orang tertawa. Lantas, pemuda seperti kita apa yang bisa diandalkan? Memang, setiap pribadi memiliki cara tersendiri untuk menikamati hidup. Tapi ingat bahwa; hidup hanya sekali, untuk Ilahi, buatlah hal-hal yang berarti tanpa harus saling menyakiti.

Dan, Marpuah juga mengajarkan bahwa Allah itu adil. Sangat adil seadil-adilnya, Maha Pengasih tanpa pilih kasih, juga Maha Tahu tanpa harus diberi tahu. Dan orang-orang yang memilki keterbatasan fisik dan jiwa, bukanlah sebuah kutukan, bukan untuk bahan hinaan. Mereka masih punya hak untuk merasakan bagaimana rasanya menjadi seseorang yang ditunggu-tunggu kedatangannya, bagaimana rasanya dipuji banyak orang karena karyanya.

Semoga tidak ada pihak manapun yang menguntungkan sebelah.

Oleh : Wafa Aliey Moehammad

cyberjatim

Jembatan Pena Rakyat