Air Rebusan Pembalut, Dijadikan Pengganti Narkoba

  • Whatsapp

JAWA TENGAH ,- Fenomena meminum air rebusan pembalut wanita tengah ramai diperbincangkan. Kejadian ini pertama kali ditemukan dilakukan oleh para pemuda di Jawa Tengah.

Fenomena ini dijelaskan Deputi Penindakan BNN Irjen Arman Depari. Menurut dia, ada anak-anak muda yang menggunakan air rebusan pembalut sebagai bahan pengganti narkoba.

Arman mengatakan, fenomena ini dilakukan bukan oleh orang dewasa, melainkan oleh para remaja.

“Anak-anak muda. Anak-anak muda yang belum dewasa,” tutur Arman di kantor BNN, Cawang, Kamis (8/11).

Menurutnya, anak-anak muda ini memilih air rebusan pembalut karena dianggap memiliki zat-zat yang sama efeknya seperti narkoba. Namun, pihaknya mengaku masih mendalami alasan dari para pengguna.

“Nah, ini yang menjadi perhatian kita nanti akan kita lakukan pendalaman, tapi ini tentu masih membutuhkan pendalaman dan pemeriksaan secara laboratoris,” ujar Arman.

Sedangkan penggunaan pembalut menjadi narkoba ini masuk dalam kategori penyalahgunaan. “Biasanya narkoba memang penyalahgunaan,” tuturnya.

Untuk menindaklanjuti fenomena ini, Arman akan mengkajinya terlebih dahulu.

“Kalau misalnya di situ ada pelanggaran hukum atau di situ ada ketidaksengajaan, nah itu berbeda cara penanganannya,” jelasnya.

“Kalau di situ pelanggaran hukum yang memang betul sudah ada UU kita mengatur, nah kita akan lakukan penegakan hukum sesuai aturan, tapi kalau itu memang ketidaksengajaan dan ketidaktahuan, maka barangkali nanti kita akan lebih mengutamakan pencegahan,” kata Arman.

Sumber : Kumparan

Ket. Foto Dok. Kumparan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *