1,08 Miliyar Dana Hibah Parpol Dipamekasan Dicairkan

  • Whatsapp

PAMEKASAN – Sebanyak 10 partai politik (parpol) di Kabupaten Pamekasan menerima dana hibah bantuan politik (dana banpol) tahap kedua yang dikucurkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pamekasan (Bakesbangpol Pamekasan) Jum’at (27/12/2019).

Kesepuluh Parpol tersebut diantaranya PPP, PKB, PAN, PKS, PBB, Nasdem, Gerindra, Perindo, Golkar dan Demokrat.

Syuaeb Hidayat, Kasubbid Budaya Demokrasi dan Parpol Bankesbanpol Pamakasan, mengungkapkan, bahwa sepuluh parpol  tersebut merupakan partai yang memiliki kursi di DPRD Pamekasan.

“Yang mendapatkan bantuan keuangan dari Bankesbanpol Pamekasan ada 10 partai politik,” ungkapnya.

Sementara belanja bantuan keuangan untuk 10 (sepuluh) parpol di Kabupaten Pamekasan untuk kegiatan parpol di Pamekasan tahun 2019, untuk tahap kedua sebesar Rp 376.278.000.

Partai PPP yang menerima paling tinggi. Sebab, partai berlogo Kakbah itu memiliki kursi terbanyak di DPRD Pamekasan. “Pembagiannya berdasarkan jumlah kursi. Terbesar partai PPP dan terkecil Perindo,” beber Syuaeb.

Mengenai peruntukan anggaran tersebut, Syuaeb menjelaskan, dana banpol digunakan untuk pengembangan pendidikan politik dan juga digunakan untuk sekretariat parpol. “Yang terpenting memberikan pendidikan politik untuk masyarakat Pamekasan,” katanya.

Untuk diketahui, lanjut Syuaeb dana hibah banpol yang dikucurkan oleh Bakesbangpol Pamekasan, tahun anggaran 2019 total mencapai Rp 1,08 miliar.

Dari dana tersebut, sebanyak Rp 707 juta lebih sudah disalurkan pada 10 partai politik yang memperoleh kursi di parlemen pada pencairan tahap pertama. Selebihnya, Rp 376 juta lebih disalurkan pada tahap kedua ini.

Setiap satu perolehan suara memperoleh dana banpol sebesar Rp 1.900, sehingga parpol yang sudah mendapatkan suara terbanyak secara otomatis akan menjadi partai yang mendapatkan porsi dana banpol paling banyak dari Bakesbangpol Pamekasan.

(TI/*)

Pos terkait